Kok Berubah?


Saya suka sebel kalau dibilang berubah, sebab itu maksudnya berubah menjadi lebih buruk.

Photo by Burst on Pexels.com

Kemarin, seorang teman di kantor mengomentari wajah saya yang memang semakin tembem, “Kamu berubah sekarang, makin bulet.”

Baca juga:
Khawatir Ini, Khawatir Itu
Kita Pun Punya Hidup

Betul ‘kan kata saya, itu maksudnya berubah menjadi lebih buruk?

Memang sampai sebulet itu ya muka saya? Kenapa sih komentarnya harus dengan kata-kata yang memancing pertumpahan darah gitu? Kenapa gak sedikit diperhalus saja? Misalnya, “Kamu makin imut deh,” “Muka kamu makin lucu,” “Deuh, itu pipinya gemesin.”

Lebih enak didenger, kan? Lebih direct, gitu, dan lebih santun. Ya meski kayak ada jijik-jijiknya juga. Hehe …

Kalau kata ‘imut’ itu terlalu absurd disampaikan pada seseorang (karena mukanya yang mbambes atau sangar) menurut saya itu soal perspektif. Siapa pun boleh mempersepsikan orang mbambes atau sangar sebagai orang yang imut. Begitu pula sebaliknya. Ya, dong?

Gak ada larangan. Lagipula, ini kan cuma contoh.

Jarang orang menggunakan kata ‘berubah’ dengan maksud menunjukkan perubahan yang positif. Kalau seseorang melihat ada perubahan positif dalam diri temannya, ia cenderung menyebutkan langsung perubahan itu.

“Kamu makin langsing ya!”
“Kamu kok putih sekarang?”
“Kamu akhir-akhir ini rajin deh.”

Berbeda kalau perubahan yang mau disampaikan itu negatif. Ada semacam rasa gak nyaman untuk berterus terang. Mau bilang, “Sampeyan kok makin hitam sekarang?” mesti diperhalus dulu, “Sampeyan kok ada yang berubah ya, makin manis.”

Denger-denger, ini kebiasaan masyarakat kita yang doyan basa-basi dengan orang lain. “Gak kayak orang Jerman,” kata teman saya, sok tahu. Kebiasaan basa-basi inilah yang konon membuat ruwet cara kita mengkomunikasikan sebuah maksud.

Mau ngenyek saja mesti muter-muter dulu, kayak mau belanja lebaran. Hihi …

8 thoughts on “Kok Berubah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s